Pengertian HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+

Haiwiki » Teknologi » Pengertian HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+

HSPA HSDPA HSUPA HSPA+. Dibawah ini adalah penjelasan tentang pengertian jaringan hspa hsdpa hsupa hspa+ selengkapnya. Sehubungan dengan hal tersebut disampaikan pula perbandingan dan perbedaan kecepatan yang dapat dilihat seperti dalam tabel.

Daftar Isi:

pengertian, definisi, hspa, hsdpa, hsupa, hspa+

Image: jaringan, HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA

HSPA

HSPA adalah singkatan atau kepanjangan dari High Speed Packet Access atau disebut juga Paket Akses Kecepatan Tinggi. Ini merupakan penggabungan dari dua jaringan atau network protokol telepon selular dari HSDPA dan HSUPA.

Teknologi pada jaringan HSPA dapat berkembang dan meningkatkan kinerja telekomunikasi telepon selular atau smartphone generasi ketiga 3G dengan memanfaatkan jaringan WCDMA.

Sebuah standar dari 3GPP (3rd Generation Partnership Project) yang ditingkatkan dari jaringan HSPA yaitu HSPA+ atau disebut juga Evolved High Speed Packet Access, dirilis tahun 2008 dan digunakan di seluruh dunia berikutnya mulai tahun 2010.

HSPA secara garis besar terbagi menjadi 2 yaitu HSDPA dan HSUPA yang diuraikan selanjutnya di bawah ini.

HSDPA

HSDPA adalah singkatan atau kepanjangan dari High Speed Downlink Packet Access. Jaringan ini hanya menangani downlink (download) sementara uplink (upload) ditangani oleh teknologi terkait yang disebut HSUPA. Kombinasi kedua teknologi ini disebut juga HSPA.

Perkembangan dari jaringan WCDMA HSPA dapat meningkatkan downlink dengan memperkenalkan HSDPA. Downlink ditingkatkan hingga menyediakan kecepatan transfer data mencapai 14 Mbps dengan signifikan dan mengurangi latency.

HSUPA

HSUPA adalah singkatan atau kepanjangan dari High Speed Uplink Packet Access. Jaringan ini hanya menangani uplink, sementara downlink ditangani oleh teknologi terkait yang disebut HSDPA.

Perkembangan dari WCDMA HSPA dapat meningkatkan transfer data uplink mencapai 5.8 Mbps, meningkatkan kapasitas dan juga mengurangi latency. Peningkatan uplink memiliki beberapa perbaikan serupa dengan teknologi HSDPA, termasuk transmisi kode multi, Waktu Interval Transmisi, penjadwalan cepat dan Hybrid atau fleksibel.

Intinya Penggabungan HSDPA dan HSUPA yaitu teknologi HSPA dapat meningkatkan kecepatan, perbaikan latency, mengurangi biaya per bit dan meningkatkan dukungan untuk aplikasi paket data kinerja tinggi.

HSPA+

HSPA+ adalah singkatan atau kepanjangan dari Evolved High Speed Packet Access. Teknologi ini merupakan standar teknis untuk jaringan nirkabel telekomunikasi broadband. HSPA+ meningkatkan kualitas WCDMA yang banyak digunakan pada jaringan UMTS yang berbasis teknologi 3G.

HSPA+ memiliki kecepatan yang lebih tinggi bagi pengguna yang sebanding dengan jaringan teknologi yang lebih baru yaitu LTE atau 4G.

HSPA+ memberikan evolusi kecepatan transfer data downlink hingga 168 Mbps (Megabits per detik) untuk perangkat bergerak dan 22 Mbps untuk uplink dari sebuah perangkat. Kecepatan aktual yang sebenarnya untuk pengguna mungkin akan lebih rendah.

Secara umum HSPA+ menawarkan transfer data yang lebih tinggi pada daerah yang memiliki jaringan dalam kondisi radio yang sangat baik atau stabil atau dekat dengan menara tower.

HSPA+ merupakan evolusi dari HSPA yang di upgrade pada jaringan 3G dan menyediakan metode bagi operator telekomunikasi untuk bermigrasi ke pada teknologi LTE atau 4G.

Lihat Tabel selengkapnya di link ini Perkembangan Teknologi Informasi Telekomunikasi.

Perbandingan Perbedaan Kecepatan Jaringan 3G dan 4G

Seiring dengan kemajuan teknologi jaringan nirkabel atau wireless pada perangkat bergerak seperti smartphone, kecepatan akses data khususnya yang menggunakan fasilitas internet merupakan fitur yang paling banyak diperhatikan.

Secara bertahap generasi dari jaringan atau network semakin berkembang, dikenal dengan 1G 2G 3G 4G. Dimana G merupakan kepanjangan dari Generation atau Generasi, sedangkan angka sebelumnya menandakan tingkatan yang lebih tinggi, memiliki kemampuan dan fitur yang lebih banyak untuk mencapai efisiensi.

Tabel Perbandingan selengkapnya di link ini Perbedaan Kecepatan Teknologi Jaringan 2G 3G 4G LTE:

Nama UmumPemakaianDownstreamUpstream
EDGE EvolutionMobile Internet
Pre 3G
1.6 Mbps0.5 Mbps
HSPA
(HSDPA + HSUPA)
General 3G14.4 Mbps5.76 Mbps
HSPA+3G Data21 Mbps
42 Mbps
84 Mbps
672 Mbps*
5.8 Mbps
11.5 Mbps
22 Mbps
128 Mbps
iBurstMobile Internet95 Mbps36 Mbps
WiMax rel 2**WirelessMAN2×2 MIMO
110 Mbps
4×4 MIMO
219 Mbps
2×2 MIMO
70 Mbps
4×4 MIMO
140 Mbps
LTEGeneral 4G102 Mbps Cat3
150.8 Mbps Cat4
301.5 Mbps Cat5
51 Mbps Cat3
51 Mbps Cat4
75.4 Mbps Cat5

Secara teoritis setiap teknologi tersebut memiliki kecepatan akses maksimal yang menjadi standar, namun kecepatan aktual pada prakteknya bisa bervariasi dan bisa lebih rendah.

Kecepatan akses atau kecepatan transfer data khususnya internet pada perangkat bergerak dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk keberadaan antena, jarak dari tower, kondisi cuaca, keadaan diam maupun bergerak, bandwidth yang terbagi-bagi, dan lain-lain.

Komentar pada: Pengertian HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *