Kamera Handphone atau Smartphone

Oleh | Update Terakhir: 19 September 2016
Haiwiki » Teknologi » Kamera Handphone atau Smartphone

Fitur Istilah pada Kamera HP atau Smartphone. Kamera adalah suatu set alat yang terintegrasi, digunakan sebagai alat untuk menghasilkan tampilan gambar dan bisa juga untuk merakam sebuah video, banyak terdapat pada ponsel atau Smartphone sebagai fitur pelengkap.

Gambar yang dihasilkan dari kamera HP kebanyakan disimpan dalam bentuk format file JPEG, tetapi untuk jenis ponsel cerdas atau smartphone kelas atas, kamera ini mempunyai fitur untuk menyimpan file dalam bentuk lain, contohnya pada sistem operasi Android Lollipop versi 5.0 atau lebih tinggi.

Kebanyakan kamera ponsel telah dilengkapi berbagai macam fungsi dan fitur, seperti fokus otomatis, zoom digital, optikal zoom, dan fitur lainnya. Beberapa fitur kamera pada ponsel memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai kamera digital dan mampu untuk merekam video.

Resolusi kamera merupakan karakteristik paling penting yang banyak diperhatikan, diukur dalam satuan MP (megapixel) pada lensa jenis fokus otomatis dan pencahayaan singkat (flash). Untuk menghasilkan kualitas gambar atau foto yang lebih baik, maka harus didukung pula dengan ukuran Megapixel yang lebih tinggi.

Daftar Isi:

Fitur, Istilah, pada Kamera, Handphone, Smartphone

Image: Fitur pada Kamera Handphone atau Smartphone

Fitur Kamera Handphone atau Smartphone

Berikut adalah beberapa fitur dan istilah yang terdapat pada kamera smartphone:

Fokus Tetap (fixed-focus)

Fokus Tetap atau fixed-focus adalah fitur fokus dasar pada kamera ponsel yang diatur pada jarak tertentu oleh pengguna dan tidak dapat disesuaikan.

Kamera dengan fokus tetap membatasi kualitas dan jarak pemotretan yang minimum. Kamera jenis ini biasanya menggunakan lensa yang kecil, sehingga tidak memperhatikan jarak pengambilan foto terhadap kamera.

Fokus Otomatis (auto-focus)

Fokus otomatis atau auto-focus adalah fitur digital yang terdapat pada kamera ponsel, memungkinkan untuk memperjelas foto atau gambar secara otomatis.

Auto-focus dapat meningkatkan kualitas foto lebih baik dari kamera dengan tipe fixed-focus dan memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak yang lebih dekat (makro). Kamera Ponsel jenis ini menggunakan pasif auto-focus disesuaikan kontras dan kondisi pencahayaan disekitarnya.

Makro (Macro)

Makro atau Macro adalah istilah yang digunakan untuk pengambilan gambar jarak dekat terhadap kamera ponsel. Mode makro memungkinkan pengambilan gambar atau foto dari jarak yang sangat pendek, misalnya foto close-up, dimana jenis ini biasanya dilengkapi dengan fitur fokus otomatis (auto-focus).

Digital Zoom

Digitial Zoom adalah fitur umum yang terdapat pada kamera ponsel, digunakan untuk membuat subjek tampak lebih dekat terhadap kamera. Kamera pada ponsel biasanya memiliki fitur zoom, tetapi yang paling sering yaitu digital zoom.

Digital zoom memiliki fungsi:

  • Cropping adalah fungsi untuk memotong gambar sehingga tampak lebih besar di layar SmartPhone, namun kualitas yang dihasilkan lebih kecil dari resolusi foto maksimal.
  • Optical Zoom adalah fitur yang banyak terdapat pada kamera Smartphone yang membuat gambar tampak lebih dekat daripada yang sebenarnya, menghasilkan efek pembesaran memakai satu set lensa optik – optical zoom.

OIS (Optical Image Stabilization)

OIS adalah singkatan atau kepanjangan dari Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Ini merupakan mekanisme yang digunakan dalam kamera atau video kamera yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan atau direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor.

Teknologi ini diimplementasikan dalam lensa itu sendiri. Fitur ini beroperasi dengan menggerakkan sensor sebagai elemen terakhir dalam fungsi optik. Elemen kunci dari semua sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital.

Resolusi (Resolution)

Resolusi atau Resolution adalah suatu istilah kualitas yang mengacu pada jumlah piksel pada layar atau lensa kamera.

Resolusi yang lebih tinggi artinya mempunyai jumlah pixsel lebih banyak, dimana dapat memberikan kemampuan untuk menghasilkan visual yang lebih jelas, lebih detail dan lebih rinci.

MP (Megapixel)

MP adalah singkatan dari Megapixel, dimana Mega merupakan satuan juta, Pixel berasal dari kata pix untuk gambar dan el untuk elemen, yang kemudian disingkat jadi juta-pixel.

Pixel adalah suatu unit untuk mengukur resolusi kualitas gambar, dimana lebih banyak pixel berarti lebih jelas, lebih rinci, dan lebih detail. Sebuah pixel merupakan bagian terkecil dari informasi yang terdapat pada suatu gambar.

(No Ratings Yet)
Loading...

Komentar pada: Kamera Handphone atau Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *