gambar, fingerprint, fingerprint sensor

Barometer, Thermometer, Pedometer, Fingerprint Sensor

Oleh: Gunawan | Update Terakhir: 25 September 2016 | 0 Comment
Haiwiki » Android » Barometer, Thermometer, Pedometer, Fingerprint Sensor

Barometer, Thermometer, Pedometer, Fingerprint adalah alat sensor untuk mengukur dan menganalisa keadaan tekanan udara, suhu, gerak, dan sidik jari. Alat ini memiliki sepaket teknologi canggih yang terdapat pada sebagian besar perangkat modern seperti smartphone, dengan sensor yang terintegrasi untuk merespon berdasarkan berbagai kondisi.

Berikut adalah sensor yang mampu menganalisa data dengan presisi dan akurasi tinggi, berguna untuk memantau pergerakan atau keadaan sekitar pada perangkat atau memantau perubahan lingkungan didekatnya.

Barometer

gambar, barometer

Image: barometer

Barometer adalah instrumen ilmiah yang digunakan dalam meteorologi untuk mengukur tekanan atmosfer. Sensor ini memiliki kecenderungan agar dapat memperkirakan perubahan cuaca dalam jangka pendek. Banyak pengukuran tekanan udara yang digunakan dalam analisis cuaca pada permukaan untuk membantu menemukan palung permukaan, sistem tekanan tinggi dan batas-batas frontal.

Barometer dapat mengukur tekanan atmosfer, sehingga bisa mendapatkan perkiraan secara umum tentang apa yang akan terjadi dengan apakah tekanan udara naik atau turun. Jika tekanan udara naik, maka itu berarti cuaca akan menjadi cerah. Jika turun, maka itu mungkin akan terjadi hujan, salju, atau menunjukkan beberapa jenis lain dari cuaca buruk.

Produsen smartphone modern memasangkan barometer pada perangkat untuk meningkatkan hasil elevasi GPS, karena perangkat dapat terpengaruh oleh tekanan atmosfer. Meskipun mungkin tidak pernah memiliki kebutuhan atau keinginan untuk mengetahui ketinggian atau atmosfer tekanan, sebagian orang seperti ahli meteorologi, pendaki gunung, atau orang-orang yang hanya ingin tahu mungkin benar-benar memerlukannya.

Data diukur oleh sensor kemudian digunakan untuk menentukan seberapa tinggi perangkat di atas permukaan laut, yang pada gilirannya menghasilkan peningkatan akurasi GPS.

Thermometer

gambar, thermometer

Image: thermometer

Termometer adalah alat yang mengukur suhu atau gradien suhu lingkungan. Alat ini memiliki dua unsur penting yaitu sensor suhu (misalnya bola dari termometer raksa pada kaca) di mana beberapa perubahan fisik terjadi dengan suhu, dan beberapa alat sensor mengkonversi perubahan fisik ini menjadi nilai numerik (misalnya skala atau nilai yang ditandai pada termometer raksa pada kaca).

Termometer banyak digunakan dalam industri untuk mengontrol dan mengatur proses, dalam studi cuaca, dalam kedokteran, dan penelitian ilmiah. Namun, ada juga termometer di hampir setiap smartphone, dan beberapa mungkin memiliki lebih dari satu.

Perbedaannya adalah bahwa sensor pada smartphone digunakan untuk memantau suhu di dalam perangkat dan baterai. Jika komponen terdeteksi terlalu panas, sistem mematikan otomatis untuk mencegah kerusakan. Selain itu juga digunakan untuk mengukur kelembaban udara pada perangkat.

Data yang teranalisa digunakan juga dalam aplikasi terkait kesehatan untuk mengatakan apakah pengguna berada di lingkungan nyaman dengan suhu udara yang optimal dan kelembaban.

Pedometer

gambar, pedometer

Image: pedometer

Pedometer adalah sensor gerak yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah yang telah dilakukan pengguna. Data tersebut biasanya diperoleh dari analisa sensor accelerometer, tetapi pedometer jauh lebih akurat dan hemat daya. Google Nexus adalah di antara beberapa ponsel yang memiliki pedometer terintegrasi.

Pedometer mendeteksi gerakan tangan atau pinggul seseorang untuk mengukur setiap langkah seseorang. Karena jarak langkah setiap orang berbeda-beda, kalibrasi untuk penyesuaian perlu dilakukan oleh pengguna. Kalibrasi diperlukan jika presentasi dari jarak yang ditempuh dalam satuan panjang (seperti di kilometer atau mil), meskipun demikian penentuan langkah seseorang bervariasi.

Akurasi Pedometer

Ketepatan hitungan langkah bervariasi antara perangkat. Biasanya, penghitungan langkah cukup akurat dengan kecepatan berjalan pada permukaan yang datar jika perangkat ditempatkan pada posisi yang optimal (biasanya vertikal pada klip sabuk). Meskipun jumlah langkah aktual terpengaruh secara dramatis ketika ditempatkan pada sudut yang berbeda, namun kemajuan terbaru telah membuat sensor lebih akurat.

Kebanyakan hitungan langkah “palsu” juga menghitung langkah ketika pengguna mengendarai kendaraan atau membuat gerakan kebiasaan lain sepanjang hari. Kesalahan ini terakumulasi untuk pengguna, keakuratan juga tergantung pada langkah panjang. Pedometer terbaik akurat dengan persentase kesalahan kurang lebih 5%.

Fingerprint Sensor

gambar, fingerprint, fingerprint sensor

Image: fingerprint

Fingerprint Sensor adalah Alat pemindai sidik jari. Perlahan tapi pasti menjadi fitur yang banyak digunakan dalam smartphone kelas tinggi. Sensor ini menawarkan pengguna membuka cepat tampilan layar, sementara itu sambil memberikan dinding keamanan yang stabil untuk setiap pengintai yang mungkin ingin menggali setiap data pada perangkat.

Pemindaian sidik jari paling sering digunakan sebagai lapisan keamanan tambahan atau pengganti “password” sebagai pengunci layar.

Android Fingerprint Security

Tidak seperti PIN dan Pola pengunci layar, otentikasi sidik jari adalah teknologi yang dapat digunakan hingga bertahun-tahun ke masa depan. Karena sidik jari benar-benar unik dan tidak bisa ditebak. Teknologi ini menjadi semakin populer di perangkat konsumen, dan dengan sistem operasi seperti Android Marshmallow, aplikasi lebih mudah dari sebelumnya untuk diterapkan.

Kebanyakan strategi penyimpanan pada Android tidak aman, terutama ketika mempertimbangkan kemungkinan akses “root”. Tapi Google telah membuat langkah penting ke arah yang benar dengan memindahkan semua manipulasi data cetak ke TEE dan menyediakan pedoman yang ketat untuk penyimpanan data sidik jari yang produsen harus ikuti.

TEE

TEE adalah singkatan dari Trusted Execution Environment, yaitu daerah aman dari processor utama smartphone. Ini menjamin kerahasiaan dan integritas dari kode dan data dimuat didalamnya. Pemisahan ini memungkinkan keamanan dan perlindungan dari “hacks”, “malware” dan akses “root”.

Sensor lainnya:

rating onrating onrating onrating offrating off (average: 3.00 out of 5, 1 votes)
loadingratingLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.